Komputasi Awan ada Versi Public dan Non Public !


Komputasi Awan dalam istilah sederhananya yaitu, komputasi awan yang berarti menyimpan dan mengakses data dan program melalui Internet daripada hard drive komputer Anda. Awan ini hanya metafora untuk internet. Ini kembali ke hari-hari diagram alur dan presentasi yang akan mewakili raksasa infrastruktur server-pertanian internet.

Cloud Computing / Kompuasi Awan adalah sistem komputerisasi berbasis jaringan/internet, dimana suatu sumber daya, software, informasi dan aplikasi disediakan untuk digunakan oleh komputer lain yang membutuhkan.

Sekarang kemajuan teknologi cloud computing sudah banyak dimanfaatkan bisnis, organisasi, maupun pemerintahan negara. Perusahaan bisa menempatkan aplikasi atau sistem yang digunakan di internet, tidak mengelolanya secara internal.
  • Contoh Cloud Computing untuk versi public adalah layanan-layanan milik Google seperti Google Docs dan Google Spreadsheet. Adanya kedua layanan tersebut meniadakan kebutuhan suatu aplikasi office untuk pengolah kata dan aplikasi spreadsheet di internal perusahaan.
  • Contoh Cloud Computing untuk keperluan non public adalah Amazon EC2 ( Amazon Elastic Compute Cloud). Amazon menyediakan komputer induk, kita bisa mengirim dan menggunakan sistem virtual dan menggunakannya dalam jangka waktu dan biaya sewa tertentu.

Beberapa perusahaan memilih untuk menerapkan Software-as-a-Service (SaaS), di mana bisnis berlangganan aplikasi itu mengakses melalui Internet. Ada juga Landasan-as-a-Service (PaaS), di mana bisnis dapat membuat aplikasi kustom sendiri untuk digunakan oleh semua perusahaan. Dan jangan lupa perkasa Infrastruktur-as-a-Service (IaaS), di mana pemain seperti Amazon, Microsoft, Google, dan Rackspace menyediakan backbone yang bisa "disewa" oleh perusahaan lain. (Sebagai contoh, Netflix menyediakan layanan kepada Anda karena itu adalah pelanggan dari layanan awan di Amazon).

komputasi awan menjanjikan beberapa manfaat yang menarik untuk bisnis dan pengguna akhir. Tiga manfaat utama dari komputasi awan meliputi:
  • Self-service provisioning : Pengguna akhir dapat berputar ke atas sumber daya komputasi untuk hampir semua jenis beban kerja on-demand.
  • Elastisitas : Perusahaan dapat meningkatkan komputasi membutuhkan peningkatan dan kemudian menurunkan lagi sebagai menuntut penurunan.
  • Pay per penggunaan : sumber Komputasi diukur pada tingkat rinci, yang memungkinkan pengguna untuk membayar hanya untuk sumber daya dan beban kerja yang mereka gunakan.

Tentu saja, komputasi awan adalah bisnis besar: Pasar yang sudah menghasilkan $ 100 miliar per tahun pada tahun 2012. 
0 Komentar untuk "Komputasi Awan ada Versi Public dan Non Public !"

Back To Top